UNSUR UNSUR ADMINISTRASI
UNSUR UNSUR ADMINISTRASI
1.     
Organisasi
Ilmu organisasi menjadi cabang
dari ilmu administrasi, yang memiliki pokok kegiatan mengelompokkan personil
dan menyusun kerangka kerja, menjalin hubungan kerjasama antar personil.
      Organisasi merupakan kesatuan kerja yang
disusun melalui peraturan sebagai wadah menjalankan kerjasama mencapai tujuan
yang telah ditentukan sebelumnya. Organisasi sendiri memiliki 2 sifat utama,
yakni :
1.     
Bersifat
Statis
Organisasi
merupakan wadah dalam melakukan pembagian tugas dan wewenang,secara struktural
dan fungsional menempatkan individu sesuai keahliannya.
2.     
Bersifat
Dinamis
Organisasi
merupakan pembagian tugas dan wewenang serta adanya komunikasi dalam menjalin
kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
Pengertian
diatas, organisasi memiliki unsur-unsur pokok yang menyebabkan timbulnya
organisasi yaitu :
1.     
Adanya
pembagian tugas
2.     
Adanya
kerjasama
3.     
Adanya
tujuan yang telah ditentukan
Dalam
menyusun kerangka organisasi, beberapa ahli hampir memiliki persepsi yang sama
membuat konsep prinsip-prinsip organisasi, antara lain :
1.     
Perumusan
Tujuan (Principle of goal)
2.     
Pembagian
Tugas (Principle of specialization)
3.     
Pengkoordinasian
(Principle of coordination)
4.     
Rentang
pengawasan (Principle of span control)
5.     
Kontinuitas
(Principle of continuity)
Adapun
beberapa hal penting yang harus dipelajari pada ilmu organisasi,meliputi :
1.   
Type Organisasi
a.    
Organisasi Garis
Organisasi ini
dipraksai oleh Henry Fayol,biasanya disebut dengan organisasi lini,lurus,maupun
militer.
b.    
Organisasi Staf
Staff merupakan orang
ahli di bidangnya,pada masa organisasi ini merekea berfungsi memberikan
sumbangan pemikiran,ide,saran ataupun nasihat kepada pimpinan untuk mencapai
tujuan yang ditentukan sebelumnya.
c.     
Organisasi Garis
dan Staff
Organisasi ini
merupakan gabungan dari organisasi garis dan staff. Organisasi ini diprakarsai
oleh Horrington Emperson yang dipraktikan di perindustrian. Sedangkan
staff,memiliki kedudukan setingkat dengan pimpinan. 
d.    
Organisasi
Fungsi
Organisasi fungsi
diprakarsai oleh F. W. Taylor (functional type of organization),diterapkan pada
pabrik tempat beliau bekerja.Perintah dari pimpinan ke bawahan berjalan melalui
kepala bagian. Masing-masing kepala bagian diberi tanggung jawab kepada
bawahannya. 
e.     
Organisasi
Panitia
Organisasi ini sering
digunakan melalui beberapa istilah seperti
Dewan,Senat,Komite,Badan,Majelis,Satgas, dan Team.G.R.Terry sebagai pemrakarsa
organisasi ini menyatakan bahwa panitia merupakan sekolompok orang yang
terpilih bersama-sama membahas masalah yang ada pada organisasi.
2.   
Bagan Organisasi
Bagan
organisasi menjadi alat informasi mengenai struktur organisasi, sehingga
beberapa hal penting yang terkandung didalamnya yaitu :
a.      
Isi,luas
maupun ruang lingkup organisasi.
b.     
Aliran
komando dan tanggung jawab dari pimpinan ke bawahan atau sebaliknya
c.      
Rincian
dari tugas-tugas setiap unit kerja (job description)
d.     
Nama,jabatan,pangkat
dan golongan bila ada.
Menurut
para ahli seperti Keith Davis dan Henry Hodges, bentuk bagan organisasi dapat
dibuat berdasarkan tipe organisasi, antara lain :
a.      
Bentuk
Vertikal
b.     
Bentuk
Horizontal
c.      
Bentuk
Piramida
d.     
Bentuk
lingkaran dengan kotak-kotak
e.      
Bentuk
setengah lingkaran dan bentu telur dengan garis-garis
f.      
Bentuk
lukisan
3.   
Manajemen
Ilmu manajemen termasuk cabang
ilmu administrasi dengan memulai kegiatan merencanakan,mengorganisasikan,membina,membimbing,menggerakan,dan
mengawasi sekelompok personil,serta mengerahkan fasilitas kerja.
      Manajemen adalah dasar dari disiplin ilmu
administrasi yang merupakan anak cabang dari ilmu sosial,sebenarnya sejak zaman
sejarah dahulu tanpa sengaja (dirasakan) manusia telah melakukan proses dari
manajemen. Jadi,manajemen disimpulkan suatu seni menjalankan kegiatan
organisasi untuk mencapai tujuan yang ditentukan sebelumnya.
Manajemen didukung beberapa
sarana yang mutlak harus ada,yang disebut The Six.M in Management,meliputi :
a.      
Man
(faktor manusia)
b.     
Money
(anggaran)
c.      
Method
(sistem kerja)
d.     
Material
(perlengkapan pendukung)
e.      
Machine
(peralatan teknologi/mesin)
f.      
Market
(pemasaran)
4.   
Komunikasi 
Ilmu komunikasi menjadi cabang
dari ilmu administrasi yang sekarang berdiri sendiri dan berkembang pesat
dengan program studi yang bertalian.Ilmu yang membahas mengenai kegiatan
menyampaikan berita,memberikan ide,dan gagasan dari seseorang kepada orang
lain,yang bersifat timbal balik antara pimpinan daengan pimpinan,pimpinan
dengan bawahan,baik secara formal maupun nonformal.Komponen yang terlibat dalam
komunikasi ada 5 faktor yang berperanan,sebagai berikut :
1.   
Komunikator,
adalah asal sumber informasi dikomunikasikan dengan bahas yang sederhana.
2.   
Berita,
adalah pengertian yang disampaikan komunikator yang berupa lambang seperti
gelombang,sinar,suara atau bahasa
3.   
Media,
adalah sarana/tempat berlakunya lambang-lambang tersebut
4.   
Komunikan,
adalah orang yang menerima berita dari komunikator
5.   
Feed
Back, adalah tanggapan dari komunikan (umpan balik)
Komunikasi di dalam organisasi
memiliki 2 bentuk yaitu :
1.   
Komunikasi
Intern
Adalah komunikasi
yang bersifat informal antara pimpinan dengan bawahan,pimpinan dengan
pimpinan,dan bawahan dengan bawahan agar menciptakan,kerjasama yang harmonis
diantara para pegawai sesuai tujuan yang dicapai. Yang termasuk dalam
komunikasi intern antara lain :
a)     
Komunikasi
Vertikal
Adalah komunikasi
yang berlangsung dari pimpinan kebawahan (downward communication)
b)     
Komunikasi
Horizontal
Adalah komunikasi
antara pimpinan dengan pimpinan atau bawahan dengan bawawahan.Wujud komunikasi
seperti rapat dinas,seminar,lokarya,dan sebagainya.
2.   
Komunikasi
Ekstern
Adalah komunikasi
yang berlangsung dengan pihak lain diluar organisasi.Dalam komunikasi ini
digolongkan 2 bentuk komunikasi yaitu :
a)     
Komunikasi
Formal
Adalah Komunikasi
yang dilakukan organisasi dengan pihak luar melalui media yang resmi.Wujud
komunikasi seperti wawancara dengan pers,penerbitan brosur,pemasangan
iklan,website,penyelanggaraan pameran,dan sebagainya.
b)     
Komunikasi
Informal
Adalah komunikasi
yang berlangsung dengan pihak luar secara tidak resmi,hanya untuk menambah
perhatian,dukungan,dan kepercayaan pihak luar terhadap organisasi Wujud
Komunikasi ini seperti memperhatikan sikap/perilaku anggota yang ada di
organisasi
§  Informasi 
Sebagai cabang ilmu
admnistrasi,ilmu administrasi,ilmu informasi membahas tentang kegiatan
menghimpun,mencatat,mengolah,menggandakan,menyebarkan,dan menyimpan berbagai
keterangan obyektif yang diperlukan. Menurut Prof. Prajudi Atmosudirja,Ilmu
informasi terbagi menjadi 3 jenis ilmu antara lain :
1.     
Ilmu
Intelijen
2.     
Ilmu
Tata Usaha
3.     
Ilmu
Sistem Informasi Manajemen (SIM)
§  Personalia 
Ilmu personalia (sumber daya
manusia) berkembang pesat dan menjadi bahasan popukar dikalangan
masyarakat,sebagai cabang ilmu administrasi,ilmu personalia menekankan pada
kegiatan mengatur dan mengembangkan tenaga kerja.Syarat umum, untuk mengisi
lowongan pekerjaan biasanya syarat-syarat utama yang dibutuhkan organisasi
antara lain :
1.     
Pendidikan
2.     
Keterampilan
3.     
Kepribadian
Sumber
pegawai yang dapat direkrut mengisi lowongan, ada yang berasal dari sumber
intern maupun ekstern. Kedua sumber tersebut diuraikan sebagai berikut :
1.     
Sumber
tenaga kerja intern
2.     
Sumber
tenaga kerja ekstern
a.      
Kawan
pegawai
b.     
Kerabat
pegawai
c.      
Organisasi
profesi
d.     
Depnaker
e.      
Lembaga
pendidikan
f.      
Iklan
g.      
Leasing,walk-in,open
house
Bagian
kepagawaian harus melakukan kegiatan seleksi pegawai agar memperoleh pegawai
yang memenuhi persyaratan. Masalah seleksi pegawai meliputi :
1.     
Seleksi
admnistrasif
2.     
Tes
3.     
Wawancara
§  Finansia 
Ilmu finansia (keuangan) menjadi
cabang ilmu administrasi, membahas pokok-pokok kegiatan pengaturan dan
pengolahan dalam menggunakan segi-segi pembiayaan sekaligus pertanggung jawaban
keuangan (PPBS)
§  Perbekalan
Ilmu perbekalan (logistik) yang
termasuk dalam cabang ilmu admnistrasi membahas tentang kegiatan
perencanaan,pengadaan,pengaturan menggunakan peralatan/perlengkapan
(operasional) kerja,penyimpanan,pengendalian,dan perawatan serta penyingkiran
barang-barang keperluan kerja
§  Humas
Unsur terakhir yang menjadi
bagian dari ilmu administrasi adalah ilmu hubungan masyarakat yang memiliki
pokok bahasan tentang kegiatan hubungan dan dukungan yang baik dari lingkungan
masyarakat sekitar.
Dalam
humas dibedakan menjadi 2 hubungan yakni :
1.     
Hubungan
Internal
Media komunikasi
internal,biasanya dilakukan hanya antara pimpinan dengan bawahan contohnya
rapat,kunjungan,pertemuan,seminar,dan sebagainya
2.     
Hubungan
Eksternal
Media komunikasi
eksternal yang termasuk adalah
a.      
Media
visual
b.     
Media
auditif
c.      
Media
cetak
d.     
Media
audio visual
Perwujudan
kegiatan humas dalam organisasi adalah :
1.     
Memberi
penjelasan tentang hasil produksi baik berupa barang maupun jasa dari
organisasi yang bersangkutan
2.     
Memberi
penjelasan tentang kebijaksanaan pimpinan orgnaisaasi yang penjelasannya
dititikberatkan bahwa penjelasan itu dapat dipertanggungjawabkan
3.     
Membantu
publik menentukan dan mengetahui kebutuhan yang sebenarnya
4.     
Membantu
kelancaran komunikasi didalam dan diluar organisasi
5.     
Mengusahakan
agar organisasi dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan public yang sebenarnya
6.     
Mempertahankan
reputasi/nama baik organisasi dan menangkis serangan yang bermaksud menjatuhkan
nama perusahaan



Komentar
Posting Komentar